Cara Membuat Sitemap Website

Cara Membuat Sitemap Website

Sitemap website yaitu semacam peta khusus dimana dalamnya tercantum seluruh halaman situs. Tujuan pemberian sitemap website yaitu menyediakan deskripsi umum pada mesin pencari mengenai semua konten yang tersedia. Dalam pembuatan website atau blog disarankan untuk menerapkan sitemap ini khususnya website dengan jumlah halaman besar (lebih dari 500 halaman). Pelajari cara membuat sitemap website berikut.

Mengenal Sitemap Website

Bandingkan dengan daftar isi sebuah buku yang memberitahu pembaca konten apa yang tersedia dan bagaimana mencarinya. Kira-kira sitemap website pun seperti itu. Selain itu, beberapa informasi tambahan bisa ditambahkan misalnya kapan konten terakhir di-update dan seberapa penting konten tersebut.

Sitemap website berguna untuk mesin telusur, karena memberikan gambaran umum dari semua konten yang tersedia. Yang krusial untuk dimengert yaitu perbedaan antara sitemap XML dan sitemap HTML. Sitemap HTML dimaksudkan agar pengunjung webite dapat menemukan konten dengan mudah, sedangkan sitemap XML ditujukan untuk search engine.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menerapkan sitemap XML yaitu :

  1. Terus perbarui sitemap XML dengan konten website, jika bingung bisa gunakan jasa website.
  2. Pastikan bersih, yaitu hanya halaman yang dapat diindeks yang harus disertakan.
  3. Referensi sitemap XML diambil dari file robots.txt.
  4. Tidak boleh mencantumkan lebih dari 50.000 URL dalam satu sitemap XML.
  5. Cek bahwa ukuran file dalam kondisi tidak dikompres tidak lebih dari 50MB.

Cara Membuat Sitemap Website

Sitemap XML akan membantu mesin telusur untuk menilai konten di website. Juga merupakan mekanisme yang akan memberitahu mesin pencari mengenai adanya konten baru atau yang diperbarui. Sehingga, direkomendasikan agar menerapkannya di website atau blog kapan pun memungkinkan.

Seperti telah disebutkan, sitemap XML ditujukan untuk mesin telusur, dan karenanya diformat dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh komputer yaitu XML (Extensible Markup Language). Untungnya XML juga cukup mudah dibaca manusia, misalnya:

<? xml version = “1.0” encoding = “UTF-8”?>
<urlset xmlns = “http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9”>
<url>
<loc> https://www.situsku.com/ </loc>
<lastmod> 2017-06-14T19: 55: 25 + 02: 00 </lastmod>
</url>
<url>
<loc> https://www.situsku.com/blog/ </loc>
<lastmod> 2016-06-24T10: 23: 20 + 02: 00 </lastmod>
</url>
</urlset>

Untuk memahami apa saja bagian-bagian dari sitemap XML website berikut penjelasannya :

Header XML

<? xml version = “1.0” encoding = “UTF-8”?>

Header tersebut memperlihatkan jika konten dibuat berdasarkan versi 1.0 dari standar XML dan menyatakan pengkodean karakter. Itu pada intinya memberitahu search engine apa yang dapat mereka harapkan dari file itu.

Definisi URL Set

<urlset xmlns = “http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9”>

Definisi urlset tersebut merangkum semua URL yang ada dalam sitemap website dan menjelaskan versi standar Peta Situs XML yang digunakan. Perhatikan bahwa urlset ditutup di bagian bawah dokumen:

</urlset>

Definisi tiap-tiap URL

<url>
<loc> https://www.situsku.com/ </loc>
<lastmod> 2017-06-14T19: 55: 25 + 02: 00 </lastmod>
</url>

Terakhir kita sampai pada bagian yang paling penting: definisi URL individu dengan url-tag. Tiap definisi URL wajib memiliki paling tidak tag-loc (lokasi). Nilai tag tersebut harus URL lengkap halaman, termasuk protokol (mis. “http://”).

Kecuali itu, tiap definisi URL bisa berisi properti opsional di bawah ini :

lastmod: tanggal ketika konten pada URL tersebut terakhir diubah. Tanggal dalam format “W3C datetime”.
priority: prioritas URL, relatif terhadap situs dalam skala antara 0,0 dan 1,0.
changefreq: seberapa sering konten di URL diharapkan berubah. Nilai yang mungkin always, per jam, harian, mingguan, bulanan, awal dan tidak pernah.

Penempatan XML Sitemap Website

Sama seperti laman situs web, XML sitemap berada di URL-nya sendiri. Biasanya URL untuk XML sitemap adalah /sitemap.xml, dan disarankan untuk mengikuti konvensi tersebut untuk memudahkan mesin telusur menemukannya.

Namun, jika karena alasan apa pun hal ini tidak memungkinkan, Anda dapat memilih lokasi atau nama file yang berbeda, selama Anda mereferensikannya di file robots.txt melalui referensi di sitemap :
Sitemap: http://www.example.com/alternativelocation/alternativefilename.xml.

You may also like

Perbandingan Xiaomi Black Shark 2 dan 3, Lebih bagus yang ke 2

Perbandingan Xiaomi Black Shark 2 dan 3, Lebih bagus yang ke 2

Perbandingan Xiaomi Black Shark 2 dan Xiaomi Black Shark 3 – Pada saat ini perkembangan smartphone sangat pesat, beberapa jenis...

Desain Kaos Luar Negeri yang Paling Laris

Desain Kaos Luar Negeri yang Paling Laris

Desain Kaos Luar Negeri – Salah satu tipe baju satu ini memanglah kerap diseleksi sebab aman digunakan serta kerap dicari....

Daftar Materi Kuliah Teknik Sipil UGM

Daftar Materi Kuliah Teknik Sipil UGM

Berbagai jurusan bisa diambil saat kuliah di perguruan tinggi, salah satunya adalah Teknik Sipil. Ialah jurusan yang mencetak “tukang insinyur...

Membayar Hutang dengan Sedekah, Apakah Bisa ?

Membayar Hutang dengan Sedekah, Apakah Bisa ?

Dalam Islam dan juga hukum positif yang berlaku di Indonesia, melunasi hutang itu wajib kecuali apabila pemberi hutang memang ingin...

Back to Top